8 Rekomendasi Jajanan Resepsi Pernikahan Paling Digemari

Saat menggelar resepsi pernikahan ada banyak kebutuhan yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah makanan. Selain makanan berat, jajanan ringan juga bisa disajikan untuk menjamu para tamu undangan.

Jajanan dinilai sebagai kudapan yang tepat untuk menemani para tamu berbincang bersama keluarga, saudara, teman ataupun kerabat mereka selama berada dalam acara.

Jajanan resepsi pernikahan cukup beragam. Berikut ini 8 rekomendasi jajanan pernikahan yang bisa dipertimbangkan untuk masuk list sajian di acara pernikahan anda.

1. Serabi

Siapa sih yang tak kenal dengan jajanan ini? Jajanan tradisional ini biasa ditemui di pinggir jalan. Di jawa jajanan ini disebut serabi, berasal dari kata “rabi’ yang berarti kawin karena proses pembuatannya yang cepat seperti proses kawin. Sedangkan di tanah sunda, jajanan ini disebut sorabi atau surabi.

Penyajian dari jajanan berbentuk bulat yang terbuat dari tepung beras ini pun berbeda di kedua daerah tersebut. Di jawa, serabi biasa disajikan dengan isian gula atau manisan lain, berbeda dengan di sunda yang menyajikan surabi dengan isian oncom atau asinan lainnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Menu Dessert Pernikahan, Manis dan Segar!

Seiring waktu, jajanan yang dibuat di dalam tungku ini semakin banyak variannya. Kini sudah ada yang berinovasi menambahkan topping susu, keju, dll sehingga menjadikan jajanan ini lebih modern.

2. Batagor

Jajanan khas sunda yang berarti bakso tahu goreng ini sudah dikenal hampir di seluruh indonesia. Jajanan ini terbuat dari perpaduan antara tahu, ikan tenggiri, dan tepung tapioka yang dilembutkan kemudian dibentuk menyerupai bola lalu digoreng hingga matang. Batagor biasanya dihidangkan bersama sambal kacang atau kecap manis sebagai sausnya.

3. Bakwan malang

Bagi orang malang, jajanan ini disebut bakso malang. Tetapi orang luar malang biasa menyebutnya bakwan malang. Jajanan ini disebut bakwan karena berbahan dasar tepung ditambah beberapa sayuran, seperti kubis, wortel dan kecambah yang dipotong kecil-kecil.

Sedangkan yang menyebut bakso merasa bahwa jajanan ini disajikan bersama kuah bening, mie kuning dan berbagai varian bakso serta biasanya ditambah kerupuk pangsit sebagai kondimennya.

4. Dim sum

Dim sum berasal dari bahasa kanton yang berarti makanan kecil. Jajanan ini terdiri dari berbagai makanan kecil seperti bakpao, cheong fun, dumpling, lumpia, siomay, fung jao, hakau dll.

Baca juga: 7 Inspirasi Menu Prasmanan Sunda, Ada Es Goyobod!

Di tempat asalnya Tiongkok, jajanan ini biasanya disajikan bersama teh dan disantap saat sarapan atau makan siang. Akan tetapi, sekarang Anda bisa menambahkannya ke dalam jajanan resepsi pernikahan.

5. Lemper bakar

Lemper bakar adalah hidangan yang terbuat dari ketan yang dibentuk seperti tabung dan diisi dengan ayam cincang, abon, atau biasanya disertai sayuran atau asinan lainnya. Kemudian, dilapisi dengan daun pisang dan dibakar di atas bara api atau oven hingga berwarna kecoklatan.

6. Putu Ayu

Jajanan tradisional basah yang identik berwarna hijau dengan tampilannya yang cantik dan beraroma harum. Terbuat dari adonan dan campuran daun pandan serta parutan kelapa diatasnya, membuat jajanan yang satu ini cocok dijadikan sebagai jajanan resepsi pernikahan.

7. Dadar gulung

Dadar gulung adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, santan, dan garam. Adonan tersebut kemudian digoreng tipis-tipis seperti crepes dan diisi dengan kelapa parut yang sudah dicampur gula merah cair. Setelah itu, dadar gulung digulung rapi dan siap untuk disajikan.

8. Cup cake

Kue ini berbentuk bulat dan dicetak dalam paper cup dengan berbagai varian topping yang unik. Bentuknya yang mungil sehingga mudah dimakan, membuat kue yang satu ini pantas untuk dijadikan sebagai pilihan jajanan resepsi pernikahan.

Baca juga: 7 Menu Gubukan Pernikahan Paling Banyak Dicari

Itu dia beberapa inspirasi jajanan resepsi pernikahan yang bisa Anda hidangkan untuk melengkapi pesta pernikahan. Nah, bagi pasangan yang sedang mencari vendor jasa catering untuk pernikahan, Kencana Mas dapat menjadi pilihan yang sempurna.

Kencana Mas sebagai salah satu penyedia jasa catering terbaik di Indonesia, menyajikan hidangan lezat dengan berbagai menu mulai dari kuliner tanah air hingga internasional yang akan memanjakan selera para tamu undangan.

Jadi, tunggu apalagi nih? Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran menarik untuk membuat hari bahagia Anda semakin spesial!